Jumat, 29 November 2013

Jika Anda penyuka sepakbola apalagi seorang penggemar Barcelona FC dan timnas Argentina mungkin sudah tidak asing lagi akan tokoh striker dengan nomor punggung 10 ini. Ya, kali ini kita akan membahas tentang Lionel Messi.
Memiliki nama lengkap Lionel Andres Messi, Leo -panggilan akrabnya- dilahirkan di Rosario, Santa Fe pada tanggal 24 Juni 1987 dari pasangan Jorge Horacio Messi dan Celia Maria Cuccitini, Messi mulai bermain sepakbola di sebuah klub lokal bernama Grandoli dengan ayahnya sebagai pelatih. Memiliki dua saudara pria, Rodrigo dan Matias, juga seorang saudara perempuan bernama Maria Sol. Pada usia 8 tahun, Messi pindah ke klub Newell’s Old Boys yang bermarkas di kota kelahirannya, Rosario. Messi juga memiliki dua sepupu yang juga bermain bola : Maxi, pemain sayap untuk klub Olimpia, Paraguay dan Emanuel Biancucchi, gelandang untuk Independiente F.B.C, Paraguay.
Usia 11, Messi didiagnosa mengalami kekurangan hormon pertumbuhan. Jika berlanjut, postur tubuh Messi terancam tidak akan tumbuh normal layaknya teman-teman sebayanya. Namun cobaan ini rupanya berujung manis. Tersebutlah Carles Rexach, seorang petinggi di FC Barcelona yang mengamati talenta Messi dalam mengolah si kulit bundar menwarkan sebuah kontrak langsung ke pihak keluarga Messi. Kontrak darurat yang ditulis di secarik serbet, karena Rexach tidak membawa kertas pada saat itu, mengatakan bahwa biaya pengobatan Messi yang sebesar US$ 900/bulan akan ditanggung dengan catatan, Messi sekeluarga harus pindah ke Spanyol dimana Messi mendaftar di akademi sepakbola muda Barcelona.
Messi bermain di klub junior Barcelona Infatil B dan tim Cadete B dan A dari tahun 2000 hingga 2003. Pada 29 November 2003, dia memulai debutnya di tim Barcelona C (Tercera Division) dan sekitar 4 bulan kemudian merangkak naik ke FC Barcelona B (Segunda Division). Tak sampai setahun, Frank Rijkaard memberi kesempatan Messi untuk memulai debut liganya melawan RCD Espanyol dan menjadi pemain termuda ketiga yang pernah bermain di Barcelona dan pemain klub termuda yang pernah merumput di La Liga di usia 17 tahun, 114 hari. Gol pertamanya di klub senior terjadi pada 1 Mei 2005, di usia Messi yang ke 17 yang membuat Messi tercatat sebagai skorer termuda di La Liga. Kedua rekor terakhir ini kemudian dipatahkan oleh Bojan Krkic pada tahun 2007.
Di umur 21, Messi di nominasikan untuk mendapatkan Ballon d’Or dan Player of the Year FIFA. Tahun 2009 Messi menerima penghargaan Ballon d’Or sekaligus penghargaan Player of the Year FIFA yang pertama. Pencapaian ini dilanjutkan dengan inagurasi FIFA Ballon d’Or pada tahun 2010, 2011 dan 2012. Penghargaan lainnya adalah Pemain terbaik tahun ini versi UEFA tahun 2010-2011 dan pemain termuda yang meraih torehan 200 gol di La Liga pada usianya yang ke 25. Ini belum termasuk penghargaan sepatu emas, pencapaian di tim berupa juara La Liga 6x, juara Copa del Rey 2x, Supercopas de Espana 5x, liga Champion 3x, Super Cups 2x dan Club World Cup 2x dan medali emas Olimpiade 2008. Gaya bermainnya yang lincah dan mengandalkan kaki kiri selalu dibandingkan dengan legenda senegaranya Diego Maradona, yang menyebut Messi sebagai “penerusnya”.
France Football pada Maret 2010 menempatkan Messi pada peringkat teratas daftar pemain sepakbola terkaya dengan  penghasilan gabungannya dari gaji, bonus dan penghasilan luar lapangannya sebesar €33 juta. Mengungguli David Beckham dan Cristiano Ronaldo. Penghasilan bersihnya ditaksir sekitar US$ 110 juta. Desember 2012 lalu, Barcelona FC mengumumkan Messi akan menanda tangani kontrak 5 tahun yang akan mengikat Messi hingga 2018 dan menaikan gajinya hingga menjadi US$ 21.2 juta.
Biodata Lionel Messi
Biodata Lionel Messi
Messi mendirikan badan amal bernama Fundacion Leo Messi (Leo Messi Foundation) pada tahun 2007, yang bergerak di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan untuk anak-anak. 2 November tahun lalu, Messi resmi menjadi seorang ayah setelah kelahiran putra pertamanya Thiago dari kekasihnya, Antonella Roccuzzo yang berasal dari kota asal Messi, Rosario. Situs resmi FC Barcelona ikut merayakan kejadian ini dengan menulis singkat “Leo Messi is a father”.
Nama Asli
Lionel Andres Messi
Nama PanggilanLeo
Tempat/Tanggal Lahir
Rosario, Argentina/24 Juni 1987
Tinggi
169 cm
Kewarganegaraan
Argentina
Zodiac
Cancer
Kekasih
Macarena Lemos, Luciana Salazar, Antonella Roccuzzo (bertunangan)
Anak-anak
Thiago Messi
Klub/Posisi/Nomor Punggung
FC Barcelona/Striker/10
source gambar: guardian.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar